Viral Bakso Daging Tikus di Madiun Jawa Timur, Begini Kata Pemilik Warung

  • Whatsapp

Kedai Malaya Mas Sugeng sepi sejak menu baksonya viral di dunia maya. Makanan bulat berkuah dari kedai di Desa Kedungmaron, Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, itu diisukan berbahan daging tikus.

Kabar yang belum tentu kebenarannya itu menyebar luas setelah dua pelanggan perempuan mengunggah video ke Instagram (IG). Rekamannya menerangkan temuan potongan yang ditengarai bagian tubuh binatang pengerat itu dari dalam bakso. ‘’Sejak itu jadi sepi pembeli,’’ kata Sugeng Riyadi, pemilik kedai, Selasa (28/1).

Sugeng tahu siapa dua perempuan pembuat video itu. Keduanya sama-sama memesan satu mangkuk bakso jumbo, Sabtu lalu (25/1). Dua porsi dihabiskan dan membungkus satu porsi lagi untuk dibawa pulang. Setelah video viral, pembuat video dihubungi oleh warga yang tinggal di Desa Sumbergandu, Pilangkenceng, tersebut. ‘’Katanya menemukan bagian tubuh tikus di dalam bakso saya. Mau ngomong langsung ngakunya sungkan,’’ terangnya.

Muat Lebih

Sugeng mengaku tidak tahu-menahu ihwal tudingan baksonya berbahan daging tikus. Sebab, dia tidak membuat sendiri. Bakso itu dipesan dari Agus Wibowo, warga Desa Sukorejo, Saradan, yang juga membuka warung bakso. ‘’Saya kulakan langsung jadi, supaya hemat waktu,’’ jelasnya.

Dalam sekali kulakan, Sugeng biasa mengambil 30 biji bakso untuk dibuat menu jumbo. Diameternya sekitar 10 sentimeter. Sedangkan 50 biji untuk menu klenger dan 150 biji bakso kecil. Sampai-sampai polisi mendatangi rumahnya menanyakan soal video tersebut. Sejumlah pegawai dinas kesehatan (dinkes) juga bertamu dengan urusan serupa.

Kedua institusi itu membawa pulang tiga biji bakso sebagai sampel. Sugeng diminta menghentikan jualan baksonya. ‘’Saya jualan sejak Oktober 2018. Tidak pernah mengecek isi bakso, tapi selama itu tidak pernah terjadi apa-apa,’’ ungkapnya.

JANGAN LUPA INSTAL APP SUARA BMI DI PLAY STORE ATAU MELALUI LINK INI - BACA BERITA LEBIH RINGAN, MUDAH DAN CEPAT UPDATE ===>> APP SUARA BMI, atau WhatsApp ==
loading...

Pos terkait