Abdul Halim, ABK Taiwan ini Akhirnya Divonis 13 Tahun Penjara Karena Menghilangkan Nyawa Temannya Tahun Lalu

  • Whatsapp

Masih ingat kasus Abdul Halim, ABK Taiwan berusia 38 tahun ini? Salah satu TKI ABK Taiwan yang membunuh teman sekapalnya sendiri hingga membuangnya kelaut dan tak ditemukan hingga sekarang.

Abdul Halim akhirnya di vonis 13 tahun penjara oleh pengadilan tahun ini dan dia harus membayar semua gaji korban kepada anggota keluarga. Setelah menjalani masa penjara 13 tahun, ia akan dideportasi.

Muat Lebih

Kasus ini berawal dari kasus perkelahian di kapal Ming Man Hsiang No. 38 pada 17 Mei 2018 silam antara Abdul Halim dengan Hariyanto.

Pada pertengkaran itu, Abdul Halim mengaku jarinya ditusuk dengan pisau Oleh Hariyanto, kemudian ia membalas dalam kondisi emosi, menebas lehernya dengan pisau dan kupingnya kemudian mendorongnya ke laut hingga hilang tak ditemukan jasadnya hingga saat ini.

Pada hari Rabu (30/05/2018), kapal nelayan yang menjadi lokasi kejadian pertikaian tragis kedua buruh migran asal Indonesia itu dikawal kembali ke daratan Pingtung oleh kapal Penjaga Pantai (CGA) Taiwan bersama dengan kapten dan sembilan anggota awak kapal Indonesia.

Setelah tiba di dermaga Pingtung, seluruh awak kapal ditahan oleh pihak jaksa dan penyidik beserta ​​polisi yang naik ke kapal untuk mengumpulkan bukti dan mempertanyakan kru kapal terkait kasus ini.

Menurut pengadilan, bekerja sebagai ABK memang rentan terkena emosi jika dijarak karena waktu kerja yang cukup lama dan waktu istirahat yang hanya sebentar.

Mereka hanya mempunyai waktu istirahat antara 3 sampai 4 jam saja untuk tidur, mereka harus berjuang menghadapi perjalanan laut, belum lagi jika mabuk laut dengan pekerjaan yang monoton.

Setelah mahkamah memvonis 13 tahun penjara dan membayar gaji korban, mahkamah menutup kasus ini dan tidak boleh lagi ada banding dan kasus ini selesai.

Penulis: bejo
Doc. Udn News

JANGAN LUPA INSTAL APP SUARA BMI DI PLAY STORE ATAU MELALUI LINK INI - BACA BERITA LEBIH RINGAN, MUDAH DAN CEPAT UPDATE ===>> APP SUARA BMI, atau WhatsApp ==
loading...

Pos terkait