1

KJRI Hongkong Punya Jaksa yang Imut yang Siap Membela Permasalahan BMI Hongkong Kedepannya, Dialah Ineke

KJRI Hongkong Punya Jaksa yang Imut yang Siap Membela Permasalahan BMI Hongkong Kedepannya, Dialah Ineke

SUARABMI.COM - Terhitung 2 Juli 2019, kita sudah memiliki seorang atase hukum baru di KJRI Hong Kong. Perkenalkan Ineke Indraswati, SH.,MH. Seorang jaksa imut dengan rupa baby face alias terlihat jauh lebih muda dari umur yang sebenarnya. Tapi jangan salah, Atase Hukum yang imut ini ternyata punya pengalaman segudang dan bersemangat tinggi untuk terus belajar meraih ilmu sebanyak mungkin, loh.

“Kita sebagai perempuan harus punya pengetahuan dan selalu belajar, kalau ada kesempatan meningkatkan keterampilan, ya kita ambil, maka kita sebagai perempuan akan punya kebanggaan sendiri kalau punya pekerjaan yang baik atau keterampilan yang baik pula. Jangan sampai hanya tergantung suami,” kata Ineke kepada SUARA saat ditemui di kantornya, Rabu, 21/8/2019.

Ineke yang kini sedang menyelesaikan thesisnya doktoralnya di Universitas Indonesia ini, lantas berkisah bagaimana dirinya pertama kali tertarik untuk berkiprah di dunia hukum. Terlahir dari keluarga TNI, Ineke kecil sudah terbiasa menyaksikan bagaimana sang ayah sebagai bagian tim hukum kerap bersentuhan dengan berbagai kasus, mulai yang perdata hingga yang kriminal. Dari sanalah, minat Ineke akan dunia peradilan mulai muncul.
[post_ads]
“Yah, mungkin seperti di film-film yah, saya melihat sendiri bagaimana ayah saya berhadapan dengan kasus-kasus, jadi akhirnya saya tertarik memilih kuliah hukum, dan kebetulan saya ambilnya di Universitas Brawijaya di Malang,” kata Ineke, berkisah.

Begitu lulus, Ineke pun berkarir di Kejaksaan Agung sampai akhirnya mendapat mandat menjadi Atase Hukum di KJRI Hong Kong ini. Tapi, apakah ibu jaksa kita yang imut ini tidak kesulitan untuk ‘pindah posisi’? Dulu berkarir sebagai jaksa di Tanah Air  tapi kini harus berperan sebagai ‘pembela’ para WNI yang bermasalah hukum di Hong Kong?

“Sebenarnya bukan (berfungsi sebagai) pembela dalam arti lawyer ya, tapi kalau di Indonesia mungkin fungsi kita sebagai penuntut di persidangan, tapi di sini kita lebih berfungsi untuk membela korban atas nama negara,” kata Ineke.

Jaksa imut ini lantas menjelaskan bagaimana Kejaksaaan Agung Republik Indonesia sebenarnya memiliki fungsi-fungsi selain sebagai penuntut umum di persidangan saja. Sebut saja fungsi intelejen dan juga fungsi penyuluhan hukum.

“Nah kalau di Indonesia, sebagai jaksa sahabat masyarakat, kita datang ke sekolah-sekolah atau desa-desa atau kita buka booth di tempat yang ramai seperti di pasar untuk konsultasi hukum gratis. Kalau di sini, saya mulainya dengan penyuluhan hukum dengan teman-teman di welcoming (program) dan juga teman-teman organisasi di Macau,” kata Ineke.

Jaksa ini lantas membuka diri untuk semua BMI yang bermasalah hukum untuk tidak segan datang berkonsultasi dengannya. Dalam dua bulan pertama mulai berkarir sebagai Atase Hukum, Ineke sudah mulai rajin mengunjungi para WNI di penjara serta memberikan penyuluhan hukum baik di Hong Kong maupun di Macau. Dari sanalah, Ineke mulai memahami kebanyakan kasus hukum yang dihadapi BMI di Hong Kong dan Macau, mulai dari kasus tertipu pacar di facebook atau bahkan sampai direkrut jadi kurir narkoba tingkat internasional.

“Kalau kita mau fair, mungkin dari 100 persen yang bawa narkoba mungkin hanya 25 persen yang memang benar-benar nggak tahu, tapi kembali lagi saya selalu menyarankan supaya yang bersangkutan jujur sajalah. Bicara apa adanya. Jangan berbohong karena yang tahu kejadian yang sebenarnya adalah Anda sendiri,” kata Ineke.
[post_ads_2]
Berdasarkan pengalaman sebagai seorang jaksa, Ineke menjelaskan bagaimana aparat hukum mulai dari polisi hingga ke tingkat persidangan sudah mahfum menilik apakah seseorang berbohong atau tidak. “Kalau orang yang berbohong, biasa akan lupa dia sebelumnya pernah berbohong apa, sehingga ceritanya sering berubah-ubah. Nah, kalau ada indikasi orang tersebut berbohong di pengadilan atau di depan polisi, hal ini justru bisa semakin memperberat hukuman,” kata Ineke.

Sementara sebagai tips untuk menghindari penipuan terutama lewat internet atau media sosial, Ineke menyarankan agar teman-teman BMI jangan mudah percaya. “Iya kalau di facebook mukanya ganteng, putih dan tinggi, tapi kalau aslinya jelek, item, pendek, kan kita nggak tahu? Jadi saran saya jangan mudah percaya. Kalau menghadapi sesuatu, lebih baik konsultasikan dengan teman-teman entah di organisasi atau ke KJRI,” kata Ineke.

Jadi, kalau teman-teman BMI memiliki masalah hukum di Hong Kong ini, jangan segan-segan ke KJRI untuk berkonsultasi dengan ibu jaksa imut kita ini yah! | suara

COMMENTS

Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,35,BMICare,306,Brunei,14,Cinta,289,Cuaca,150,Dunia Maya,3,Fashion,5,Heboh,293,Hongkong,1396,IndoNews,545,Jepang,10,KabarBMI,4068,Kesehatan,16,Korea,128,LintasManca,12,Macau,6,Malaysia,324,Other,65,Panduan,273,RumahTangga,158,Saudi,123,Singapura,252,Surat Pembaca,15,Taiwan,2165,Unik,74,Waspada,407,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: KJRI Hongkong Punya Jaksa yang Imut yang Siap Membela Permasalahan BMI Hongkong Kedepannya, Dialah Ineke
KJRI Hongkong Punya Jaksa yang Imut yang Siap Membela Permasalahan BMI Hongkong Kedepannya, Dialah Ineke
KJRI Hongkong Punya Jaksa yang Imut yang Siap Membela Permasalahan BMI Hongkong Kedepannya, Dialah Ineke
https://1.bp.blogspot.com/-O7MH7UZ3MMg/XYgML-dQ6PI/AAAAAAAAdfI/MMK_IRMeVRYRCMV1T3fBC3F5UjFfiHMWACLcBGAsYHQ/s640/ineke-696x522.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-O7MH7UZ3MMg/XYgML-dQ6PI/AAAAAAAAdfI/MMK_IRMeVRYRCMV1T3fBC3F5UjFfiHMWACLcBGAsYHQ/s72-c/ineke-696x522.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2019/09/kjri-hongkong-punya-jaksa-yang-imut.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2019/09/kjri-hongkong-punya-jaksa-yang-imut.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close