1

9 Hal yang Harus Diketahui dan Diperhatikan BMI Hongkong Selama Berada di Hongkong

9 Hal yang Harus Diketahui dan Diperhatikan BMI Hongkong Selama Berada di Hongkong

SUARABMICOM - Setelah anda tiba di Hong Kong untuk bekerja sebagai Buruh Migran di sektor Pembantu Rumah Tangga ( PRT), Banyak hal-hal dan hak-hak sesuai peraturan atau undang-undang yang berlaku, anda akan mendapatkan beberapa hak-hak yang harus anda ketahui selama bekerja di Hong Kong.

Berikut 9 Hal dan hak - hak yang harus kamu ketahui saat bekerja Sebagai Buruh Migran di Hong Kong.

1. GAJI
Gaji Anda harus dibayar penuh sesuai dengan nilai yang ditentukan dalam kontrak kontrak kerja Anda (yaitu ,tidak boleh kurang dari Upah Minimum yang telah tertulis pada kontrak kerja anda) saat kontrak ditandatangani, dan tidak boleh  lebih dari 7 hari setelah berakhirnya periode gaji.
[post_ads]
Contoh : Tanggal gajianmu adalah 1 januari 2019, maka majikan bisa memberikan gaji lebih awal sebelum 1 januari 2019 atau 2 januari dan majikan tidak boleh memberikan Gaji kamu diatas tanggal 8 januari 2019.

2. LIBUR
Anda diberi hak untuk libur setidaknya 1 hari libur dalam setiap periode 7 hari kerja ( seminggu sekali ), libur Nasional ( public Holiday) dan juga cuti tahunan.

Majikan tidak boleh memaksa Anda bekerja selama hari istirahat atau hari libur Anda atau membuat segala bentuk pembayaran kepada Anda sebagai pengganti memberi hari libur menurut undang-undang, kecuali atas kemauan anda atau persetujuan anda dengan majikan.

Bagi kamu yang baru datang dari Indonesia ke Hong Kong, kamu sudah ber hak medapatkan jatah libur mingguan, yaitu 1 minggu sekali, namun untuk hari libur nasional ( Public Holiday ), kamu baru akan mendapatkannya setelah kamu bekerja pada majikan selama 3 bulan.

3. TUNJANGAN MAKAN
Anda akan diberi makan gratis, atau sesuai pilihan majikan Anda. Atau jika anda tidak mau makan bareng dengan majikan atau majikan anda tidak mau makan dengan anda , anda bisa meminta uang tunjangan makanan sebagai pengganti selama periode kerja(hal ini tertera pada kontrak kerja anda ).

4. AKOMONDASI
Anda harus bekerja dan bermukim di tempat tinggal majikan Anda sesuai yang ditentukan dalam kontrak selama periode kerja. Majikan Anda harus memberi akomodasi gratis seperti tempat tidur, toilet, air, dan lainnya  dengan privasi yang wajar untuk Anda.

5. TRANSPORTASI
Majikan Anda akan memberi tiket pesawat untuk Anda dari domisili Anda ke Hong Kong sebelum memulai kontrak; dan pada saat pengakhiran/pemutusan kontrak, Anda juga akan diberi tiket perjalanan pulang ke tempat domisili Anda.

6. KESEHATAN
Anda akan diberi perawatan medis gratis selama masa kerja Anda di Hong Kong, tanpa memandang apakah sakit disebabkan karena atau timbul akibat dan saat melakukan pekerjaan atau bukan.

Misal anda tidak enak badan dan harus periksa ke dokter, kamu bisa memberitahu majikan supaya majikan bisa memeriksakan dirimu ke dokter.

7. AGEN TENAGA KERJA
Menurut hukum, siapa pun yang ingin memberikan layanan penempatan kerja harus memiliki lisensi dari Departemen Tenaga Kerja. Anda harus memeriksa apakah Agen Tenaga Kerjamu memiliki lisensi yang valid sebelum menggunakan jasanya. Anda dapat memeriksanya secara online dengan klik di sini (Hanya bahasa kantonis / Inggris).

Agen Tenaga Kerja Anda dilarang untuk memungut biaya atau pengeluaran pada Anda, secara langsung atau tidak langsung, sehubungan dengan penempatan kerja selain komisi yang ditentukan (saat ini ditetapkan 10% dari gaji bulan pertama Anda setelah berhasil ditempatkan). Untuk melindungi diri sendiri, Anda harus memperoleh tanda terima dari Agen Tenaga Kerja setelah Anda membayar komisi tersebut.
[post_ads_2]
Jika Anda curiga telah ditarik biaya secara berlebihan oleh sebuah Agen Tenaga kerja, Anda harus melapor ke EAA, Labour ,atau konsultasi ke teman organisasi, KJRI  secepatnya.

8. LINDUNGI DIRI ANDA
Tidak ada seorang pun (termasuk majikan Anda atau Agen tenaga kerja Anda) boleh memaksa Anda untuk menyerahkan dokumen pribadi Anda (contoh: kartu identitas Hong Kong, paspor dll.), properti (contoh: kartu ATM Bank) atau publikasi/dokumen tentang hak Anda dll.

Anda tidak boleh menandatangani dokumen atau kontrak apa pun, yang Anda tidak paham mengenai isinya atau tidak menyetujuinya.

Agen Tenaga Kerja tidak boleh meminta Anda untuk berhutang guna membayar kembali biaya agen atau biaya pelatihan.

Anda tidak boleh menyetujui permintaan majikan atau Agen Tenaga Kerja untuk memberi informasi yang salah (contoh: gaji Anda, alamat kerja Anda) dalam kontrak Anda. Anda akan bertanggung jawab atas pelanggaran karena telah melakukan hal itu.

9. PENTING BANGET
  • Jika Anda mengalami kekerasan fisik, Anda harus menghubungi Polisi di nomor telepon “999”.
  • Jika gaji Anda tidak dibayar penuh dan tidak tepat waktu, tidak diberi hari istirahat dan liburan, atau hak ketenagakerjaan Anda dilanggar, Anda harus melapor ke Departemen Tenaga Kerja melalui divisi berikut ini: Hubungi 2157 9537 (ditangani oleh “1823”) atau Kunjungi kantor Divisi Hubungan Tenaga Kerja untuk layanan konsultasi dan konsiliasi gratis.
  • Hubungi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Anda di Hong Kong di :
  • Alamat : 127-129 Leighton Road, 6-8 Keswick Street, Causeway Bay Hong Kong, P. R. Tiongkok, Telpon : (852) 3651 0200, Email : info@cgrihk.com, website : https://kemlu.go.id/hongkong/en#!, Fax : (852) 2895 0139, Fanpage : KJRI HONG KONG
*Ditulis situskartini dari Labour Hong Kong
Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,35,BMICare,306,Brunei,14,Cinta,289,Cuaca,150,Dunia Maya,3,Fashion,5,Heboh,293,Hongkong,1396,IndoNews,545,Jepang,10,KabarBMI,4068,Kesehatan,16,Korea,128,LintasManca,12,Macau,6,Malaysia,324,Other,65,Panduan,273,RumahTangga,158,Saudi,123,Singapura,252,Surat Pembaca,15,Taiwan,2165,Unik,74,Waspada,407,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: 9 Hal yang Harus Diketahui dan Diperhatikan BMI Hongkong Selama Berada di Hongkong
9 Hal yang Harus Diketahui dan Diperhatikan BMI Hongkong Selama Berada di Hongkong
9 Hal yang Harus Diketahui dan Diperhatikan BMI Hongkong Selama Berada di Hongkong
https://1.bp.blogspot.com/-6wZa-YQkN8M/XQ3zsnkTJDI/AAAAAAAAbuY/7nMk_EFDcjYVCD9UJOgM-gkU7rvKHt0XwCLcBGAs/s640/gambar%2Bmilik%2Bsuara%2Bbmi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6wZa-YQkN8M/XQ3zsnkTJDI/AAAAAAAAbuY/7nMk_EFDcjYVCD9UJOgM-gkU7rvKHt0XwCLcBGAs/s72-c/gambar%2Bmilik%2Bsuara%2Bbmi.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2019/06/9-hal-yang-harus-diketahui-dan.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2019/06/9-hal-yang-harus-diketahui-dan.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close