Tak Pernah Bayar Pajak di Kontrak Pertamanya, TKW Taiwan Kena Denda 1 Kali Gaji di Kontrak Keduanya - Ingat Sektor Informal Juga Kena Pajak Loh

Tak Pernah Bayar Pajak di Kontrak Pertamanya, TKW Taiwan Kena Denda 1 Kali Gaji di Kontrak Keduanya - Ingat Sektor Informal Juga Kena Pajak Loh

SUARABMI.COM - Semua pendatang asing di Taiwan yang punya pendapatan atau penghasilan lain wajib membayar pajak setiap tahunnya, tidak terkecuali pekerja migran. Pajak pendapatan gabungan Pembayaran pajak dimulai tanggal 1 Mei hingga 31 Mei setiap tahunnya.

Jangan mengira jika tidak membayar pajak pada kontrak sebelumnya pekerja migran akan bisa terhindar dari kewajiban membayar pajak apabila masuk ke Taiwan lagi. Kecuali pada tahun kedatangan dan tahun kepulangan memang termasuk tidak wajib membayar pajak.

Seperti yang dialami, Rini, tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja merawat lansia di Taipei City. Pada kontrak pertama Rini tidak pernah membayar pajak sampai ia pulang habis kontrak. 

Beberapa bulan di Indonesia dia kemudian proses kembali untuk bekerja di Taiwan dan bekerja di daerah Yilan. Belum ada satu tahun bekerja, Rini menerima surat tagihan pembayaran pajak dari kantor pajak. Ia terkejut, kemudian menanyakan masalahnya kepada kantor dinas perpajakan untuk memastikan kebenaran surat tagihan tersebut.
[post_ads]
Ternyata menurut keterangan petugas perpajakan, sewaktu bekerja di Taipei dulu tidak ada catatan pelaporan pajak atas nama Rini. Jadi Rini harus membayar pajak untuk kontrak pertama sekaligus denda dan bunga.

Begitu juga yang dialami Sandy, bekerja sebagai perawat lansia di daerah Yunlin, pertama masuk Taiwan tahun 2011. Rencananya akhir Mei ini pulang karena masa kontrak kerjanya habis. Sebelum pulang ia melaporkan pajak tahun ini. Sandy terkejut, ternyata di kontrak pertama ia tidak melaporkan pajaknya, sehingga ia mau tidak mau harus kehilangan uang untuk membayar pajak. 

"Dulu saya masuk Taiwan bulan Juli 2011, waktu pulang tahun 2014 oleh agen disuruh tanda tangan bebas pajak, " jelas Sandy.

Waktu itu Sandy belum faham dengan masalah perpajakan, percaya saja dengan agensi dan meneruskan kontrak kembali ke majikan sampai bulan Mei tahun 2019. Sebelum pulang ia melaporkan pajak kepulangan. Dari kantor pajak mengatakan kalau ia juga harus membayar pajak tahun 2011, dengan total selama 10 bulan.

"Saya membayar pajak selama 10 bulan, totalnya NTD 10.302, hampir satu bulan gaji, " ungkapnya. 

Jika kita terlambat atau lupa mengurus pelaporan pajak pendapatan gabungan dan belum membayarnya, sebelum mendapat peringatan dari kantor perpajakan atau sebelum kadatangan tim penyelidik, segera melakukan pengurusan pelaporan sendiri dan membayar kekurangan pajak. Dengan begitu kita tidak akan dikenakan denda pajak, akan tetapi tetap harus membayar pajak beserta bunganya.
[post_ads_2]
Apabila dalam batas waktu yang tertera pada surat tagihan pajak tidak dibayarkan, jika terlambat tidak lebih dua hari maka saat membayarnya hanya ditambah dengan bunganya. Akan tetapi jika terlambat lebih dari sebulan maka denda sekaligus bunganya akan bertambah lebih banyak. Sementara denda pajak yang dikenakan pertahun adalah 1% lebih dari total pajak yang harus dibayar.

Ketidakfahaman tentang pelaporan dan pembayaran pajak sering terjadi pada pekerja migran di Taiwan, terutama pekerja sektor informal yang agensinya tidak mau tahu.

Sebagai BMI, kita jangan hanya mengandalkan jasa agensi atau bantuan agensi. Akan tetapi kita juga harus belajar memahami pentingnya pembayaran pajak pendapatan gabungan di Taiwan.

Berikut beberapa cara untuk menghindari kelalaian pembayaran pajak supaya tidak terjadi seperti kejadian di atas:
  1. Telpon ke kantor pajak atau dinas perpajakan setempat menanyakan apakah kita termasuk wajib pajak.
  2. Datang ke kantor pajak atau dinas perpajakan setempat sesuai dengan alamat yang ada di ARC untuk melakukan pelaporan pajak setiap akhir tahun.
  3. Datang ke kantor pajak atau dinas perpajakak setempat untuk melakukan pembayaran pajak. Apabila kita tercatat tidak termasuk wajib pajak, maka kita akan menerima kwitansi pelunasan pembayaran pajak.
  4. Bertanya kepada Layanan Pengaduan Save PMI yang disediakan oleh KDEI Taipei.
  5. Nomor call canter kanto pajak 0800-000-321(bebas pulsa) atau (02)2311-3711 tekan 1116 / 1118 
source
Tambah Teman
loading...
Nama

BMICare,253,Brunei,13,Cinta,220,Cuaca,115,Dunia Maya,2,Fashion,5,Heboh,273,Hongkong,1257,IndoNews,506,Jepang,6,KabarBMI,3729,Kesehatan,16,Korea,118,LintasManca,11,Macau,6,Malaysia,306,Other,64,Panduan,253,RumahTangga,115,Saudi,110,Singapura,234,Surat Pembaca,13,Taiwan,1942,Unik,73,Waspada,369,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Tak Pernah Bayar Pajak di Kontrak Pertamanya, TKW Taiwan Kena Denda 1 Kali Gaji di Kontrak Keduanya - Ingat Sektor Informal Juga Kena Pajak Loh
Tak Pernah Bayar Pajak di Kontrak Pertamanya, TKW Taiwan Kena Denda 1 Kali Gaji di Kontrak Keduanya - Ingat Sektor Informal Juga Kena Pajak Loh
Tak Pernah Bayar Pajak di Kontrak Pertamanya, TKW Taiwan Kena Denda 1 Kali Gaji di Kontrak Keduanya - Ingat Sektor Informal Juga Kena Pajak Loh
https://4.bp.blogspot.com/-tleL9pYnDYU/XMuKmdr1bpI/AAAAAAAAa5Q/t8aGzE0CsXI7vKSCHYPI9C1RwKPIA_fMACLcBGAs/s640/0205%2Bfeature%2Bsuara%2Bbmi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-tleL9pYnDYU/XMuKmdr1bpI/AAAAAAAAa5Q/t8aGzE0CsXI7vKSCHYPI9C1RwKPIA_fMACLcBGAs/s72-c/0205%2Bfeature%2Bsuara%2Bbmi.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2019/05/tak-pernah-bayar-pajak-di-kontrak.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2019/05/tak-pernah-bayar-pajak-di-kontrak.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close