1

Merasa Dirugikan Karena TKWnya Suka Demo, Perusahaan Taiwan Ini Pecat Puluhan Pekerja Migrannya

Merasa Dirugikan Karena TKW Berdemo, Perusahaan Pecat Sejumlah Pekerja Migran di Taiwan

SUARABMI.COM - Sekelompok pekerja migran yang berasal dari Vietnam yang bekerja di sebuah perusahaan produsen bahan makanan di kota New Taipei dilaporkan melakukan aksi demo.

Para pekerja migran itu mengajukan pengaduan kepada pemerintah kota New Taipei pada hari Selasa (21/05) mengenai kecurangan yang dilakukan oleh pihak majikan.

Mereka menuduh majikan membalas aksi protes buruh pada awal bulan ini dengan memecat beberapa pemimpin aksi demo tersebut.

Sebelumnya dilaporkan lebih dari 70 pekerja migran asal Vietnam melakukan aksi protes di luar pabrik perusahaan makanan Taiwan, Mei Ti Foodstuff.
[post_ads]
Perusahaan ini cukup terkenal di tengah masyarakat Taiwan karena merupakan perusahaan makanan yang terkenal dengan roti dan kue-kue yang diproduksinya.

Aksi protes para pekerja migran asal Vietnam di depan pabrik Mei Ti Foodstuff yang terletak di Distrik Xizhi ini berlangsung pada tanggal 3 Mei lalu.

Dalam aksi demo tersebut, mereka menuntut perusahaan membayar mereka karena telah bekerja lembur dan meminta perusahaan untuk mengembalikan potongan uang yang tidak sah dari gaji bulanan mereka.

Rapat umum itu mendapat bantuan dari Departemen Urusan Buruh pemerintah kota New Taipei dan sebagai hasilnya, perjanjian penyelesaian ditandatangani oleh kedua belah pihak di mana perusahaan setuju untuk memberikan kompensasi kepada para pekerja migran asal Vietnam untuk bekerja lembur dan mengembalikan uang yang dikurangi selama dua tahun terakhir.

Menurut departemen tenaga kerja kota New Taipei, para pekerja migran mengeluh bahwa mereka telah bekerja rata-rata selama 16 hingga 18 jam sehari tanpa upah yang layak dari pihak perusahaan.
[post_ads_2]
Majikan juga dituduh melakukan pemotongan upah yang tidak masuk akal dengan mencari kesalahan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja migran tersebut.

Meskipun ada kesepakatan penyelesaian, dilaporkan pada hari Senin (20/05) bahwa perusahaan berencana untuk memberhentikan sebanyak lima pekerja migran asal Vietnam, termasuk beberapa pemimpin aksi protes tersebut.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah pekerja migran asal Vietnam ini dinilai pihak perusahaan perlu dilakukan karena aksi protes tersebut menyebabkan penurunan tajam dalam pesanan dan perlambatan bisnis, kata perusahaan.

Mereka bertanya kepada lima pekerja migran asal Vietnam itu apakah mereka bersedia pindah ke majikan baru atau berencana untuk kembali ke Vietnam, menurut seorang pejabat kota New Taipei yang mengetahui mengenai masalah tersebut.

Menanggapi demo dengan anggapan para karyawan asal Vietnam terhadap pemecatan rekan kerja tersebut sebagai pembalasan dari majikan, mereka mengajukan keluhan kepada pemerintah kota New Taipei dan melakukan protes pada hari sebelumnya, menurut laporan Taiwannews.

Pada hari Selasa, ketika menerima keluhan mereka, Liao Wu-hui, seorang kepala divisi di Departemen Urusan Tenaga Kerja kota New Taipei, menekankan bahwa pihaknya akan menjamin hak-hak kerja para pekerja asing di New Taipei dan tidak akan mengizinkan perusahaan untuk melakukan aksi balas dendam terhadap pekerja perusahaannya.

Liao juga mengatakan segera setelah perusahaan mengajukan dokumen resmi tentang PHK, departemen akan melakukan tinjauan ketat terhadap alasan PHK bagi pekerja tersebut untuk menentukan apakah pesanan telah turun 30 persen dari periode yang sama pada tahun lalu, seperti yang diklaim oleh perusahaan terhadap dampak dari aksi protes pekerja migran pada tanggal 3 Mei lalu.

Departemen Urusan Tenaga Kerja kota New Taipei juga akan melihat bagaimana perusahaan memilih karyawan yang akan diberhentikan, Liao menambahkan.

Protes karyawan terbaru adalah manifestasi terbaru dari gerakan buruh yang berkembang yang melibatkan pekerja migran Vietnam setelah lebih dari 100 orang pekerja migran turun ke jalan-jalan Xizhi pada bulan lalu untuk memprotes kondisi asrama yang penuh sesak dan tempat tinggal yang tak layak huni yang disediakan oleh perusahaan optik di distrik tersebut.
Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,35,BMICare,306,Brunei,14,Cinta,289,Cuaca,150,Dunia Maya,3,Fashion,5,Heboh,293,Hongkong,1394,IndoNews,545,Jepang,10,KabarBMI,4066,Kesehatan,16,Korea,128,LintasManca,12,Macau,6,Malaysia,324,Other,65,Panduan,273,RumahTangga,158,Saudi,123,Singapura,252,Surat Pembaca,15,Taiwan,2165,Unik,74,Waspada,407,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Merasa Dirugikan Karena TKWnya Suka Demo, Perusahaan Taiwan Ini Pecat Puluhan Pekerja Migrannya
Merasa Dirugikan Karena TKWnya Suka Demo, Perusahaan Taiwan Ini Pecat Puluhan Pekerja Migrannya
Merasa Dirugikan Karena TKW Berdemo, Perusahaan Pecat Sejumlah Pekerja Migran di Taiwan
https://1.bp.blogspot.com/-ay0fnddxLoM/XOVHiSeC0aI/AAAAAAAAbJE/LQ7fkoPVnrg4lp81WBUxFOaR1FN1_MrIwCLcBGAs/s640/udn2%25281%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ay0fnddxLoM/XOVHiSeC0aI/AAAAAAAAbJE/LQ7fkoPVnrg4lp81WBUxFOaR1FN1_MrIwCLcBGAs/s72-c/udn2%25281%2529.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2019/05/merasa-dirugikan-karena-tkwnya-suka.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2019/05/merasa-dirugikan-karena-tkwnya-suka.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close