Jangan Jadi Orang yang Terlalu Baik, Karena Hal-hal Buruk Ini Akan Terjadi

Jangan Jadi Orang yang Terlalu Baik, Karena Hal-hal Buruk Ini Akan Terjadi

Menjadi orang baik memang nggak ada salahnya. Bahkan kamu memang harus berbuat baik kepada orang lain. Tapi ada kalanya kamu terlalu baik kepada orang lain, sampai bahkan kamu sendiri nggak sadar bahwa kamu terlalu baik. Kamu juga nggak sadar bahwa sikap ‘terlalu baik’mu itu bisa mendatangkan hal-hal buruk untukmu sendiri.

1. Ketika kamu melakukan banyak hal untuk seseorang, dia akan berekspektasi bahwa kamu akan melakukan segalanya untuk dia.

Sebagai teman, kamu pasti ingin menjadi orang yang selalu ada saat dia/mereka membutuhkan bantuan. Apa salahnya sebuah bantuan, ketika kamu tahu kalau itu bisa meringankan beban atau mengatasi masalah mereka? Ya memang nggak salah. Selama masih masuk akal. Akan tetapi kalau dia/mereka minta bantuan berulang-ulang, kamu harus pertanyakan. Ketika kamu mau melakukan banyak hal untuk seseorang, bisa jadi orang itu akan berekspektasi bahwa kamu mau melakukan segalanya untuknya. Jangan berharap dia akan berhenti minta bantuan. Selanjutnya, dia justru akan merasa ‘enak saja’ minta bantuan bahkan meski dia tahu itu memberatkan.
[post_ads]
2. Kamu berpikir mereka akan lebih menghargaimu dengan terus-terusan bersikap baik? Salah. Mereka akan menghargaimu saat kamu bisa menghargai dirimu sendiri.

Mungkin awalnya kamu berpikir bahwa dengan berbuat baik terus-terusan akan membuatmu disukai banyak orang. Sehingga orang lain akan lebih menghargaimu. Kamu merasa lebih bisa diterima dengan berbuat baik sebanyak-banyaknya. Tapi ini nggak selamanya berhasil, lho.  Bisa-bisa kamu malah digampangkan. Pertama-tama kamu harus menghargai dirimu sendiri dulu, baru orang lain akan menghargaimu.

3. Kamu berharap mereka juga akan melakukan hal yang sama dengan yang kamu lakukan? Belum tentu.

Orang bilang berbuat baiklah tanpa pamrih. Memang sih, selain kamu merasa memang seharusnya kamu melakukan itu, dalam hati kecilmu mungkin kamu juga berharap agar dia/mereka juga akan melakukan hal yang sama kepadamu. Berharap boleh saja. Tapi nggak semua harapan bisa terwujudkan bukan? Belum tentu mereka-mereka yang menerima sikap baikmu akan melakukan hal yang sama saat kamu butuh bantuan.

4. Kamu akan mejadi pelarian semua orang saat membutuhkan sesuatu. Dan bukan nggak mungkin akan ditinggalkan saat kebutuhannya terpenuhi.

Akibat sikapmu yang ‘iya-iya aja’ dan nggak tegaan ini membuat orang lain menjadikanmu orang pertama yang didatangi ketika butuh bantuan. Membantu orang lain, bagaimanapun, memang memberikan kamu kebahagiaan khusus. Tapi apakah kamu pernah berpikir bahwa mereka hanya datang padamu saat kamu butuh bantuan? Kalau lagi nggak butuh bantuan, jangankan mengajakmu nongkrong bareng, mengontakmu untuk bertanya kabar saja nggak pernah. Biasanya orang-orang yang kayak gini, akan pergi seiring masalahnya selesai. Hilang aja gitu. Nanti muncul-muncul membawa segudang persoalan yang harus kamu bantu selesaikan.

5. Sifat terlalu baikmu bisa mengundang orang untuk berniat jahat. Bagi mereka, kamu orang yang mudah dimanfaatkan.
[post_ads_2]
Sikap terlalu baikmu membuatmu berpikir semua orang itu baik, dan kamu nggak perlu berpikir dua kali untuk membantu orang yang minta bantuanmu. Selain mengundang teman untuk mengambil keuntungan dari kebaikanmu, sifat terlalu baikmu ini juga bisa mengundang niat jahat orang lain lho. Karena kamu selalu polos dan nggak tegaan, bisa saja mereka jadi berniat menipu atau mengambil keuntungan apapun dari situ. Ingat kan pesan Bang Napi yang dulu sering tayang di TV: Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat jahat pelaku, tapi juga kesempatan.

6. Sikap terlalu baik juga menimbulkan curiga. Orang-orang akan menduga kamu punya maksud tersembunyi.

Ada kalanya juga kebaikanmu justru dicurigai oleh orang lain. Berbeda denganmu yang selalu positive thinking kepada semua orang, mereka justru merasa aneh jika ada orang yang bersikap terlalu baik padanya. Bisa jadi orang itu punya niat tersembunyi yang patut kamu waspadai. Bersikap baik, itu harus. Bersikap terlalu baik, itu mencurigakan.
Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,20,BMICare,282,Brunei,13,Cinta,261,Cuaca,127,Dunia Maya,3,Fashion,5,Heboh,287,Hongkong,1322,IndoNews,527,Jepang,8,KabarBMI,3900,Kesehatan,16,Korea,119,LintasManca,11,Macau,6,Malaysia,317,Other,64,Panduan,265,RumahTangga,149,Saudi,114,Singapura,243,Surat Pembaca,15,Taiwan,2049,Unik,74,Waspada,389,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Jangan Jadi Orang yang Terlalu Baik, Karena Hal-hal Buruk Ini Akan Terjadi
Jangan Jadi Orang yang Terlalu Baik, Karena Hal-hal Buruk Ini Akan Terjadi
Jangan Jadi Orang yang Terlalu Baik, Karena Hal-hal Buruk Ini Akan Terjadi
https://2.bp.blogspot.com/-wN40o-rc64k/XNTZA_Ic2TI/AAAAAAAAbDI/Kxj1Tvd0riIPpcVJ6XPRfxXDNz_1E5WzQCK4BGAYYCw/s640/127-750x422.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-wN40o-rc64k/XNTZA_Ic2TI/AAAAAAAAbDI/Kxj1Tvd0riIPpcVJ6XPRfxXDNz_1E5WzQCK4BGAYYCw/s72-c/127-750x422.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2019/05/jangan-jadi-orang-yang-terlalu-baik.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2019/05/jangan-jadi-orang-yang-terlalu-baik.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close