Berikut 7 Sopan Santun di Pesawat yang Harus Kamu Perhatikan, Yuk, Jangan Malu-maluin Diri Sendiri!

Berikut Sopan Santun di Pesawat yang Harus Kamu Perhatikan, Yuk, Jangan Malu-maluin Diri Sendiri!

SUARABMI.COM - Terlepas dari apakah kita tergolong baru atau sudah sering duduk di pesawat, pernah nggak kita memperhatikan tingkah laku kita saat di pesawat, baik itu saat berangkat keluar negeri atau pulang kampung ke Indonesia? Apakah kelakuan kita baik atau malah menyiksa orang lain? Untuk itu, simak etika dan sopan santun ketika di pesawat agar kamu tidak dianggap menganggu oleh orang lain:

1. Cek kapan harus check-in dan berada di departure gate
Setiap maskapai penerbangan memiliki ketentuanya sendiri tentang batas akhir check-in dan panggilan terakhir untuk naik ke pesawat. Pastikan kamu tahu tentang ini semua dan datang tepat waktu ya!  Malu banget lho kalau susah payah menerjang macet sampai di bandara, ternyata sudah ngga bisa naik ke pesawat atau pesawatnya delay karena menunggu kita yang masih lari-larian mencari pesawat. Tips tambahan, untuk memperlancar proses administrasinya, pastikan semua dokumen-dokumen perjalanan seperti KTP/passport/tiket sudah siap ditangan, ya!
[post_ads]
2. Patuhi peraturan-peraturan dunia penerbangan
Nurut aja deh sama semua peraturan-peraturan seperti berat maximal bagasi, kewajiban untuk mendengar dan memahami peraturan keseamatan, dilarang merokok di kabin dsb. Kalau diberitahu power bank jangan disimpan di bagasi, ya simpan di carry-on mu saja, atau kalau bisa jangan dibawa. Aktifkan ponsel dalam mode terbang/pesawat atau kamu non aktifkan saja. Take-off dan landing WAJIB mengenakan sabuk pengaman, jangan ngeyel. Kalau tiba2 kamu terbang atau terlempar dari kursi, gimana?

3. Posisi duduk di pesawat
Mulai dari kalau kamu duduk di aisle seat (dekat lorong), jangan selonjoran di gang, karena yang lewat situ bukan cuma bayanganmu. Meletakkan tangan di salah satu arm rest, biarkan arm rest lainnya untuk mereka yang duduk di tengah. Jangan galak-galak kalau teman seperjalanan yang duduk di dalam minta ijin untuk lewat. Satu lagi dan nggak kalah pentingnya, duduklah di nomor kursi yang tertera di tiket/boarding passmu. Fungsinya adalah kalau pesawatnya kecelakaan, petugas bisa lebih mudah mengidentifikasi korban.

4. Duduk dengan tenang dan letakkan kakimu di bawah, bukan di sela-sela kursi depanmu
Nggak enak banget kan kalau lagi duduk terus orang sebelahmu mulai menggoyang-goyangkan kaki, atau orang belakang nendang-nendang kursimu. Atau lebih ekstrem lagi, kalau tiba-tiba ada kaki yang muncul di samping mukamu. Kalau kamu saja ngga senang dengan itu semua, begitu juga orang lain.

5. Jangan menumpuk alat makan
Mungkin maksudmu baik, untuk meringankan beban pramugari. Tapi, kelakuan yang satu ini bikin repot. Karena nampan-nampan tersebut akan disusun di kereta dorong yang posisi setiap nampannya sudah di patok. Jadi, daripada di tumpuk, mending disusun sebagaimana saat kamu nerima ya.
[post_ads_2]
6. Pramugari bertugas untuk membantumu bukan melayani, hormatilah mereka
Yes, tugas mereka adalah membantumu selama di udara agar kamu bisa menikmati penerbangan, dan siap siaga disaat-saat darurat. Maka, kalau kita butuh bantuan, jangan malu-malu dan tetap dengan sopan bertanya saja. Kalau kamu mintanya baik-baik, mereka pasti dengan senang hati membantu, kok.

7. Jangan terburu-buru jika ingin mengambil barang disaat landing, tunggulah beberapa menit
Sekilas terasa sudah mendarat, tapi masih bergerak. Nggak maukan kamu tiba-tiba berdiri, buka ruangan penyimpanan di atas kepala, tiba-tiba kepleset jatuh terus tertimpa barang-barang dari atas? Selain sakit, kamu juga harus menanggung malu. Jangan terburu-buru mengambil barang. Tunggu pesawat berhenti sempurna, dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dimatikan baru lepas sabuk dan berdiri. Toh, setelah berhenti pesawat masih butuh waktu sebelum membuka pintunya. Jadi, sabar menunggu beberapa menit, ya!
Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,6,BMICare,266,Brunei,13,Cinta,241,Cuaca,117,Dunia Maya,2,Fashion,5,Heboh,275,Hongkong,1294,IndoNews,513,Jepang,6,KabarBMI,3817,Kesehatan,16,Korea,117,LintasManca,11,Macau,6,Malaysia,307,Other,64,Panduan,258,RumahTangga,132,Saudi,110,Singapura,240,Surat Pembaca,13,Taiwan,1993,Unik,74,Waspada,377,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Berikut 7 Sopan Santun di Pesawat yang Harus Kamu Perhatikan, Yuk, Jangan Malu-maluin Diri Sendiri!
Berikut 7 Sopan Santun di Pesawat yang Harus Kamu Perhatikan, Yuk, Jangan Malu-maluin Diri Sendiri!
Berikut Sopan Santun di Pesawat yang Harus Kamu Perhatikan, Yuk, Jangan Malu-maluin Diri Sendiri!
https://1.bp.blogspot.com/-IHRV4Ma4bfs/XOzbfz4zlvI/AAAAAAAAbPI/ZA5VIBhqw1YVTn7oiAtQPAkka9a-hOzawCLcBGAs/s640/hipwee-people-sign-traveling-blur.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IHRV4Ma4bfs/XOzbfz4zlvI/AAAAAAAAbPI/ZA5VIBhqw1YVTn7oiAtQPAkka9a-hOzawCLcBGAs/s72-c/hipwee-people-sign-traveling-blur.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2019/05/berikut-7-sopan-santun-di-pesawat-yang.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2019/05/berikut-7-sopan-santun-di-pesawat-yang.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close