Kiamat Sudah Dekat...! Terjadi Ratusan Tahun Silam, Megatsunami Berpotensi Kembali Terjang Dunia

Kiamat Sudah Dekat...! Terjadi Ratusan Tahun Silam, Megatsunami Berpotensi Kembali Terjang Dunia

SUARABMI.NETTsunami menjadi salah satu bencana paling mengerikan di berbagai belahan bumi. Bencana dengan gelombang pasang sangat luar biasa dan mampu menyapu sampai jauh ke daratan itu bahkan sudah banyak terjadi sejak ratusan tahun silam.

 Bukan tsunami biasa. Kejadian luar biasa itu disebut para ahli sebagai megatsunami karena memiliki kekuatan dan gelombang yang luar biasa, mencapai tinggi lebih dari 100 meter.

Dilansir dari channel youtube Daftar5, peristiwa bencana luar biasa yang menyapu daratan ratusan tahun silam itu sangat mungkin terjadi di era modern seperti sekarang. Namun, para ahli tidak dapat memastikan kapan pastinya peristiwa sangat menegangkan itu akan terjadi. Berikut ini 9 megatsunami yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia ratusan tahun silam.
[post_ads]
1. Ibu Tsunami
Tsunami yang terjadi pada 66 juta tahun silam ini diperkirakan para ahli sebagai tsunami dengan gelombang paling tinggi, yaitu mencapai ketinggian lebih dari lima kilometer. Tak bisa dibayangkan betapa besarnya gelombang air saat itu dan menyapu hampir sebagian besar daratan di dunia. Itu sebabnya, para ahli menyebut peristiwa tersebut sebagai ibu tsunami.

2. Megatsunami Chesapeake
Megatsuname Chesapeake ini diperkirakan para ahli terjadi lantaran jatuhnya asteroid dan menyebabkan gelombang tercipta dengan kekuatan dahsyat dan ketinggian mencapai ratusan meter. Kejadian ini terjadi pada 35 juta tahun silam dan terus terjadi secara berulang-ulang.

3. Megatsunami Eltanin
Megatsunami berikutnya ini juga diperkirakan tercipta lantaran jatuhnya Asteroid pada 2,5 juta tahun yang lalu. Jatuhnya Asteroid menyebabkan terciptanya gelombang dengan ketinggian mencapai 200 meter lebih. Makhluk hidup yang berada di kawasan Samudera Pasifik saat itu pun terhempaskan. 

Bukan hanya itu. Asteroid yang jatuh ke bumi saat itu juga menyebabkan terciptanya lubang tabrakan di Pasifik seluas 35 kilometer.

4. Megatsunami Lituya
Megatsunami Lituya terjadi pada era modern di Amerika, tepatnya di Teluk Lituya, Alaska. Megatsunami terjadi saat usai adanya gempa dahsyat dan memiliki ketinggian kurang lebih 500 meter. Kejadian yang menimpa Teluk Lituya pada tahun 1950 an itu cukup ajaib karena hanya menewaskan tak lebih dari lima orang saja.

5. Megatsunami Vajont
Megatsunami ini terjadi di Italia. Megatsunami terjadi bukan karena air dan gelombang laut, melainkan jebolnya penyangga waduk besar yang sengaja dibuat pemerintah saat itu untuk menampung air dari beberapa sungai. Lantaran beton waduk mengalami keretakan, waduk pun jebol karena desakan air yang  deras. 

Akibatnya, beberapa desa yang ada di bawah waduk dengan ketinggian mencapai 250 meter lebih itu pun terempas  aliran air yang sangat deras. Jumlah korban dalam insiden itu pun mencapai ribuan.

6. Tsunami Storegga
Tsunami ini terjadi di Norwegia, tepatnya  di lautan Norwegia, pada 8150 SM. Guncangan gempa saat itu oleh peneliti dikatakan telah merobek tanah seluas Islandia dab mengirimnya ke lautan dalam. 

Longsor bawah laut itu pun menghasilkan gelombang superbesar dengan ombak setinggi kurang lebih sembilan meter dan menghancurkan daratan. Salah satunya adalah jembatan tanah yang menghubungkan Inggris Raya dengan Denmark dan Belanda.

7. Tsunami Polinesia
Bencana ini terjadi pada 2.800 SM. Dua lempeng tektonik bertabrakan di Kepulauan Pasifik dan membuat segala unsur kebudayaan yang berkembang pesat di Pasifik saat itu hilang dan kembali muncul dengan jeda yang sangat lama, yaitu sekitar 500 tahun kemudian. Insiden tersebut dikatakan peneliti sungguh sangat dahsyat karena membuat aktivitas masyarakat Polinesia mandek selama ratusan tahun.
[post_ads_2]
8. Tsunami Kreta
Tsunami Kreta terjadi di Yunani pads 1.600 SM. Peristiwa bermula lantaran letusan Gunung Tera, yang juga dikatakan sebagai salah satu letusan gunung berapi terbesar di dunia yang kemudian memicu gelombang raksasa dan menyapu Pulau Kreta. Kota yang dikenal sangat kaya akan peradaban itu pun pada akhrinya tertutup abu vulkanik dan hilang.

9. Tsunami Polinesia 
Terakhir tsunami Polinesia yang terjadi di Selandia Baru pada 1.450 SM. Kawasan yang dulunya maju itu pun menjadi hilang lantaran terkena terjangan gelombang tsunami dengan tinggi ratusan meter. Gempa di patahan Tonga disebut sebagai salah satu pemicu terciptanya gelombang megatsunami di Polinesia saat itu.

times
Tambah Teman
loading...
Nama

BMICare,254,Brunei,13,Cinta,222,Cuaca,115,Dunia Maya,2,Fashion,5,Heboh,273,Hongkong,1259,IndoNews,507,Jepang,6,KabarBMI,3739,Kesehatan,16,Korea,118,LintasManca,11,Macau,6,Malaysia,306,Other,64,Panduan,253,RumahTangga,116,Saudi,110,Singapura,235,Surat Pembaca,13,Taiwan,1948,Unik,73,Waspada,369,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Kiamat Sudah Dekat...! Terjadi Ratusan Tahun Silam, Megatsunami Berpotensi Kembali Terjang Dunia
Kiamat Sudah Dekat...! Terjadi Ratusan Tahun Silam, Megatsunami Berpotensi Kembali Terjang Dunia
Kiamat Sudah Dekat...! Terjadi Ratusan Tahun Silam, Megatsunami Berpotensi Kembali Terjang Dunia
https://3.bp.blogspot.com/-NLwlrYAVeFU/XCXAcFeNCBI/AAAAAAAAZTM/U4Yjr4gVBuMxvW3fzQtsUuzI7_ed449XwCLcBGAs/s1600/suaraBMI.png
https://3.bp.blogspot.com/-NLwlrYAVeFU/XCXAcFeNCBI/AAAAAAAAZTM/U4Yjr4gVBuMxvW3fzQtsUuzI7_ed449XwCLcBGAs/s72-c/suaraBMI.png
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2018/12/kiamat-sudah-dekat-terjadi-ratusan.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2018/12/kiamat-sudah-dekat-terjadi-ratusan.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close