Wanita Lulusan Diploma: Rasaku Menjadi TKW

Wanita Lulusan Diploma: Rasaku Menjadi TKW

SUARABMI.COMIni salah satu kegiatanku mengisi hari liburku. Namaku Eka...Aku tinggal di daerah Hongkong yang begitu indah. Baru 15 bulan aku bekerja menjadi tkw di Hongkong sejak januari 2017. Meskipun pendidikanku Diploma tetapi aku tidak gengsi untuk melakukan pekerjaan ini. Pekerjaan yang selalu dipandang rendah dan disepelekan oleh banyak orang. Bagiku menjadi seorag tkw adalah pekerjaan yang berat dan melalui proses panjang yang benar-benar memerlukan kesabaran. Ada banyak tantangan tersendiri bekerja menjadi seorang tkw.

Walaupun kadang ada rasa tidak percaya tapi inilah keadaan yang harus aku jalani. Awalnya memang malu dengan keluarga apalagi dengan orang tua yang sudah menyekolahkan ku. Aku selalu mengambil sisi positif dari pekerjaanku ini. Selain mendapatkan gaji yang tinggi, aku bisa  jalan-jalan keliling Hongkong dan bisa belajar akan kebudayaan masyarakat disini.

Demi meraih cita-cita untuk memiliki usaha sendiri, aku harus bekerja lebih keras lagi. Pekerjaan ini sangat berbeda dengan pekerjaanku yang sebelumnya, sebelum bekerja menjadi tkw. Dulu aku bekerja hanya duduk, menulis, dan menghitung uang. Tetapi untuk gaji yang aku dapat terlalu lama  untuk meraih cita-citaku. Ini pengalaman ke dua ku bekerja menjadi tkw yang sebelumnya menjadi tkw di Singapura. Bekerja menjadi seorang tkw, aku harus bekerja hampir 24 jam. Pekerjaan yang menurutku sangat menguras tenaga dan pikiran, terutama mentalku. Belum banyak pengalaman yang aku miliki seperti teman-teman yang sudah laman bekerja disini.

Dari beberapa tempat yang sudah aku datangi, aku merasa bangga bisa menikmati indahnya negeri beton (sebutan untuk neagara Hongkong). Keseharianku sama layaknya pekerjaan sebagai ibu rumah tangga pada umumnya. Mulai dari bangun  pagi, menyiapkan keperluan anak sekolah, bersih-bersih rumah, memasak dan pergi belanja. Hidup dilingkungan yang jauh berbeda dengan adat dan kebudayaan di Indonesia. Apalagi dengan bahasa yang tidak aku kuasai sebelumnya. Ini membuatku sedikit kesulitan. Dengan tekad dan niat yang tulus, pelan-pelan aklu berusaha unutuk menyesuaikan diri. Kedisiplinan dan kebersihan salah satu hal wajib yang harus dijalani terutama bermain handphone. Karena terlalu jenuh seharian bekerja kadang aku sampai bersembunyi di dalam toilet untuk bermain handphone. Terserah orang mau ngomong apa, tapi ini sesuatu yang menantang buatku.

Alhamdulillah aku mendapatkan bos yang baik. Hongkong memang terkenaal dengan keindahannya. Selain alasan untuk mencari uang,aku juga ingin merasakan musim dingin. Dingin yang luar biasa bagiku karena terasa sampai ketulang. Apalagi dengan keadaan badan ku yang kurus. Urat-urat badan seakan mau putus. Sayang sekali disini tidak ada salju.

Ada lagi yang membuatku paling takut karena baru sekali aku melihat kejadiannya. Aku tinggal di daerah pantai. Apabila ada taifung (angin topan) air pantai naik kepesisir. Byuuuuuuurrrrr.............deburan ombak yang seakan mau memuntahkan isi didalamnya. Angin yang disertai hujan dan awan gelap, membuat sarana transportasi berhenti beroperasi sejenak. Meskipun aku tinggal di gedung yang tinggi dan aman, tetap saja aku merasa takut. Keadaan yang membuat jantung berdebar kencang, kaki gemetar dan rasanya ingin pulang kampung. Alhamdulillah itu hanya sesaat karena adanya pergantian musim. Cerita diluar itu masih banyak kegiatan yang bisa aku ambil. Senang rasanya bisa mrlihat dan berkumpul dengan teman-teman seperjuangan.

Beragam kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari organisasi-organisasu yang diadakan, seperti belajar mengaji, tata rias, memasak, menjahit, kursus bahasa. Ada pula yang suka hiking. Bagiku yang paling memantang adalah ikut kompetisi menulis dan fotografer yang diadakan oleh kumparan. Meskipun tidak punya pengalaman dan awam akan dunia menulis dan fotografer tetapi aku mencoba memberanikan diri untuk ikut kompetisi ini. Sebelum dimulai kompetisi aku dan teman-teman dibimbing dan diberi arahan oleh team penyelenggara. Ini pertama kali aku ikut kompeitisi ini. Bukan hanya karena hadiahnya saja tetapi ilmu dan pengalaman yang sangat luar biasa yang bisa didapat. Berkumpul, bercanda, tertawa dan makan bersama itu adalah suasaan yang sangat damai saekali.

Meskipun hanya sesaat tapi bisa mengurangi rasa jenuh dan lelah selama enam hari bekerja. Banyak dari mereka yang sukses. Ada yang membangun rumah, menyekolahkan anaknya bahkan sampe kejenjang kulliah, bisa membeli sawah dan punya usaha di kampung halaman. Itu membuat kebanggan tersendiri buat mereka dan keluarganya. Karena dengan kegigihan, kesederhanaan, dan rajin menabung, mereka bisa meraih cita-citanya.

Memang tidak gampang untuk menjalaninya tetapi jika dilakukan dengan keikhlasan, kesabaran dan ketegaran insyaalloh jalan mudah akan didapat. Hidup harus punya cita-cita agar semangat dalam bekerja.

Bangga sekali aku bisa menjadi bagian dari teman-teman tkw disini. Banyak hal positif yang bisa aku dapatkan. 

*Ditulis olrh Eka Nda'ny Kenzy
Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,6,BMICare,264,Brunei,13,Cinta,241,Cuaca,117,Dunia Maya,2,Fashion,5,Heboh,272,Hongkong,1293,IndoNews,513,Jepang,6,KabarBMI,3811,Kesehatan,16,Korea,117,LintasManca,11,Macau,6,Malaysia,307,Other,64,Panduan,257,RumahTangga,132,Saudi,110,Singapura,240,Surat Pembaca,13,Taiwan,1989,Unik,74,Waspada,377,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Wanita Lulusan Diploma: Rasaku Menjadi TKW
Wanita Lulusan Diploma: Rasaku Menjadi TKW
Wanita Lulusan Diploma: Rasaku Menjadi TKW
https://2.bp.blogspot.com/-lbb37Z4R7tw/Wvja_t2LezI/AAAAAAAAT4c/FpRIYzALB7YlA8cLSA_e7Es27U9BL2iLgCLcBGAs/s640/SUARA%2BBMI.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-lbb37Z4R7tw/Wvja_t2LezI/AAAAAAAAT4c/FpRIYzALB7YlA8cLSA_e7Es27U9BL2iLgCLcBGAs/s72-c/SUARA%2BBMI.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2018/05/wanita-lulusan-diploma-rasaku-menjadi.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2018/05/wanita-lulusan-diploma-rasaku-menjadi.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close