Paytren Haram, Benarkah? Simak Penjelasannya Berikut Ini

SUARABMI.COM  - Bisnis Paytren yang menjadikan Ustadz Yusuf Manshur sebagai iconnya kini sudah mulai menjamur di tanah air dan luar negeri d...

SUARABMI.COM - Bisnis Paytren yang menjadikan Ustadz Yusuf Manshur sebagai iconnya kini sudah mulai menjamur di tanah air dan luar negeri dimana hampir 90% diluar negeri dijalankan oleh TKI.

Lalu, bagaimanakah hukumnya bisnis yang juga mencari downline dan mendapat keuntungan dari transaksi downline tersebut? Halal atau Haram? Mari kita simak penjelasan yang telah dibahas sebelumnya oleh berbagai kelompok Islam di Indonesia dan ditampilkan berbagai website Islam terkemuka.

Dari pantauan suarabmi.com, menyimpulkan bahwa bisnis Paytren adalah haram dari sisi muamalahnya. Alasan keharamannya adalah sebagai berikut:[ads-post]
  1. Ada dua transaksi dalam satu akad saat mendaftar (jual beli+ju'alah) yang mana hal tersebut di larang.
  2. Ada income pasif (pendapatan yang bukan dari amal kerja sendiri melainkan berasal dari/disebabkan rekruitmen dan transaksi dari orang lain/downline).
  3. Berpotensi adanya dhoror (merugikan sebagian orang yang tidak dapat downline baru karna telah membayar, meskipun dapat aplikasi pembayaran tetapi penggunaannya harus nyaldo (menyimpan saldo) terlebih dahulu yang berarti harus punya modal, padahal jasa pembayaran lain yang notabene sama sama butuh modal semisal jadi agen/m-banking tidak  perlu membayar, juga keuntungan transaksi pribadi relatif kecil di banding pendapatan dari bisnis MLM-nya yang dapat terus mengalir).
  4. Adanya ketidakadilan dan ghoror (dimana bonus/casback tidak hanya sesuai transaksi usaha sendiri, melainkan juga tergantung  jumlah, rekruitmen dan transaksi dari downline)
  5. Dapat menyebabkan dholim berantai (karna sistem MLM yang bonusnya cukup  menggiurkan jika memiliki downline, maka anggota akan berusaha merekrut anggota baru agar mendapatkan untung, begitu juga bawahannya dan seterusnya tiada habisnya padahal keuntungan yang terus mengalir itu berasal dari amal orang lain).
Untuk lebih detailnya lagi tentang hal ini beserta dalilnya, dapat dilihat di link-link di bawah ini.
  1. TINJAUAN HUKUM BISNIS PAYTREN
  2. TINJAUAN HUKUM BISNIS PAYTREN
  3. Hukum Paytren (Bagian 1) (Bagian 2) (Bagian 3) (Bagian 4)
Nah, itulah sedikit pembahasan tentang Paytren yang banyak dan lagi booming dikalangan TKI saat ini. Semoga berita ini dapat membantu kita untuk lebih memahami lagi.

Sekali lagi, artikel ini hanya sebagai bahan pertimbangan dan kajian yang diambil dari berbagai sumber terpercaya untuk dikaji lebih lanjut lagi. Silahkan baca setiap link yang kami sodorkan untuk menghindari salah tafsir atau multi tafsir.

Untuk keberimbangan, kami juga akan sodorkan link yang membela dan mengatakan Halal. Berikut adalah salah satunya.


Nah, kamu dapat membedakan penjelasan dari masing-masing penjelasan link di atas. Dimana yang lebih masuk akan dan mantab dihati kawan-kawan TKI.

COMMENTS

Tambah Teman
loading...
Nama

Artikel Abadi,20,BMICare,283,Brunei,13,Cinta,261,Cuaca,128,Dunia Maya,3,Fashion,5,Heboh,287,Hongkong,1323,IndoNews,528,Jepang,8,KabarBMI,3902,Kesehatan,16,Korea,119,LintasManca,11,Macau,6,Malaysia,317,Other,64,Panduan,265,RumahTangga,149,Saudi,114,Singapura,243,Surat Pembaca,15,Taiwan,2050,Unik,74,Waspada,390,Zodiak,1,
ltr
item
Portal Berita TKI/TKW: Paytren Haram, Benarkah? Simak Penjelasannya Berikut Ini
Paytren Haram, Benarkah? Simak Penjelasannya Berikut Ini
https://3.bp.blogspot.com/-ZQoJ89bXdUk/WRvzdYWQM0I/AAAAAAAAKtU/f1SjMbW87KgTSZIFCdE2l4WmuGsjJ7llACLcB/s640/201705160004t0001.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ZQoJ89bXdUk/WRvzdYWQM0I/AAAAAAAAKtU/f1SjMbW87KgTSZIFCdE2l4WmuGsjJ7llACLcB/s72-c/201705160004t0001.jpg
Portal Berita TKI/TKW
https://www.suarabmi.net/2017/05/paytren-haram-benarkah-simak.html
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/
https://www.suarabmi.net/2017/05/paytren-haram-benarkah-simak.html
true
6419134826689894390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close